Blog Single

18 Jun

Tingkatkan Kompetensi Relawan, BSMI Gelar Pelatihan Tanggap Darurat

BSMI Jakarta, Jagakarsa – Bencana merupakan urusan setiap pihak, salah satunya relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sangat mendukung upaya peningkatan kapasitas relawan dalam penanggulangan bencana. Sebagai bentuk kolaborasi multipihak, maka BSMI Provinsi DKI Jakarta dan BPBD DKI Jakarta mengadakan pembinaan dan peningkatan kapasitas relawan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PusDikLat) BSMI di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pelatihan diadakan pada hari selasa, 18 juni 2019 mulai pukul 08.30 sampai 15.00.

Pelatihan ini diikuti oleh 48 relawan BSMI dari berbagai cabang. Dalam kesempatan ini Tim BPBD DKI Jakarta menyampaikan materi tentang potensi-potensi bencana dan strategi penanggulangan bencana di provinsi DKI Jakarta serta sosialisasi Jakarta Siaga 112. Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh tim Ambulans Gawat Darurat menjelaskan tentang :
1. Standarisasi mobil ambulance ternasuk perlengkapannya yang harus tersedia,
2. Peralatan pertolongan pertama (first aid kit).
3. Bantuan Hidup dasar
4. Pertolongan dan evakuasi

“Harapan ke depan kegiatan ini tidak berhenti di sini. Tetapi akan muncul kegiatan kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang kuat untuk meningkatkan ketangguhan dalam penanggulangan bencana di tingkat nasional.”, ungkap Rizki Andita Noviar, Humas BSMI DKI Jakarta.

Dalam kesempatan pelatihan ini, relawan diharapkan mengikuti skill upgrading secara berkelanjutan agar dalam implementasi di lapangan, relawan tidak lagi canggung dan bingung. Saat memberikan respon terhadap kondisi darurat hendaknya relawan bertindak secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

Related Posts

Leave A Comment