Blog Single

02 Oct

BSMI akan Bangun Rumah Sakit Lapangan di Palu

BSMI Jakarta, Palu – – BULAN Sabit Merah Indonesia (BSMI) telah mengirimkan relawannya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah. Mereka pun merencanakan akan segera membangun rumah sakit lapangan yang lengkap dengan peralatan medis.

 

 

 

Sekjen BSMI Muhamad Rudi menyebutkan rumah sakit lapangan itu nantinya berfungsi menampung dan merawat sejumlah korban luka.

 

 

 

“Kami terus berkoordinasi untuk segera mendirikan rumah sakit lapangan itu,” terangnya saat ditemui di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/10).

 

 

 

Menurut Rudi, dalam rumah sakit lapangan itu nantinya akan ada ruang rawat inap, ruang operasi, dan ruang medis lainnya.

 

 

 

Selain itu, akan ditempatkan sejumlah dokter ahli, perawat, dan relawan non medis.

 

 

 

Sehingga, warga yang perlu menerima tindakan medis bisa secepatnya ditangani.

 

 

 

“Jadi rumah sakit lapangan yang di Lombok kami pindah ke Palu. Sehingga semua peralatan medis akan lengkap, termasuk obat-obatan yang,” ungkapnya.

 

 

 

Rudi menyebutkan, saat ini, peralatan dari Lombok sudah dikirim dan posisi peralatan itu terakhir sudah di wilayah Jawa Timur.

 

 

 

“Insya Allah secepatnya bisa masuk ke Palu,” harapnya.

 

 

 

Untuk lokasi pembangunan rumah sakit lapangan, BSMI masih akan meninjau titik yang tepat sehingga bisa melayani tiga daerah yang terdampak.

 

 

 

BSMI pun akan mencari tempat yang paling tepat sehingga semua korban bisa terlayani dengan baik.

 

 

 

“Kemungkinan akan dibuka di Palu yah. Makanya kami masih terus koordinasi untuk kepastian tempatnya,” tandas Rudi.

Related Posts

Leave A Comment