Why Should I Join Emergency First Aid Training

Setiap 38 detik, 1 orang meninggal akibat serangan jantung.
Setiap 4 menit, 1 orang meninggal akibat stroke.
Setiap 1 menit, 1 orang ibu meninggal dalam proses persalinan bayinya

Penyebab kematian terbesar di Indonesia adalah kecelakaan, kemudian disusul oleh penyakit kardio‐vaskular. Kita sering tidak sadar bahwa kita hidup dalam ancaman keadaan gawat darurat. Hal ini menjadikan penanganan kegawatdaruratan hal yang penting diketahui oleh setiap orang. Di sisi lain, kecelakaan merupakan kejadian yang tidak diinginkan namun dapat dihindarkan, dampak yang menyertainya pun dapat diminimalisir dengan melakukan hal‐hal yang tepat di saat awal terjadinya kejadian tersebut.

Penanganan kegawatdaruratan dapat menekan dampak buruk dari kecelakaan maupun kejadian gawat darurat lain. Penanganan yang tepat akan dapat menyelamatkan baik nyawa maupun mencegah kecacatan. Hal ini secara tidak langsung akan menghindarkan pihak‐pihak terkait dari kerugian jiwa dan materi.

Kemampuan menanggulangi keadaan gawat darurat merupakan hal yang krusial untuk dimiliki oleh orang‐orang yang bekerja dalam risiko tinggi kecelakaan. Di samping itu, perusahaan membutuhkan suatu sistem penanggulangan keadaan gawat darurat. Sistem tersebut diperlukan tidak hanya sebagai peraturan namun juga memastikan bahwa pegawai perusahaan mampu melaksanakan penanggulangan keadaan gawat darurat. Hal ini tidak hanya diperlukan dalam penanggulangan, namun juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Seperti pepatah tua yang mengatakan bahwa mencegah
lebih baik daripada mengobati.